Susahnya nyari Keju rasa Indonesia

hampir semua orang mungkin tahu kalo belanda itu identik dengan keju (selain perancis, italia dan swiss si hehe..). kalo di indonesia keju belanda yang lumayan dikenal disana adalah keju edam atau orang-orang juga suka bilang keju ayam (kayanya si karena bungkusnya ada gambar ayamnya:p). selain keju edam, pasti ada juga beberapa yang pernah dengar keju gouda. keju gouda ini merupakan keju yang paling banyak tersedia di belanda dan menjadi konsumsi sehari-hari penduduknya.

ketersediaan kedua jenis keju ini di indonesia terbilang agak jarang, terutama keju gouda. kalaupun ada pasti harga per-kilonya mahal (kadang ga masuk akal menurut saya) dan kualitasnya di bawah keju yang dijual disini. sebagian besar keju yang beredar indonesia adalah jenis cheddar. si cheddar ini pertama kali dibuat di kota kecil di inggris, tapi untuk produksi nya sudah di beberapa negara antara lain US, New Zealand, dan australia.

di indonesia, perusahaan yang identik dengan si keju cheddar ini (bahkan mungkin udah terlalu nge-blend sampe orang-orang kadang nyebut keju cheddar dengan sebutan perusahaan ini) adalah kraft. kraft foods punya tiga produk keju yang dipasarkan di indonesia, yaitu kraft singles (slices cheddar), kraft cheddar, dan kraft melt. anyway, saya bukan mau ngomongin ini si sebenernya hehe, cuma jadi penasaran aja kenapa disini (belanda) saya ga pernah nemuin si kraft cheddar ini.

kembali ke keju, sebenernya keju yang beredar di indonesia itu jauh banget kualitasnya dari keju-keju yang ada disini. bahkan teman saya (he’s a dutch who’s now living in jakarta) nyebut si keju cheddar ini “plastic cheese.” well, sometimes i guess it’s not merely about the quality, but also on what kind of taste (of cheese) we already get used to. di indonesia, kalo beli martabak keju, si abang pasti pakenya si cheddar ini. begitupun kalo kita beli roti, cake atau tart yang ada kejunya, ya udah tentu pake si cheddar juga. keju edam (atau gouda) biasanya cuma dipake untuk adonan dasar kue kering (bisa jadi karna teksturnya yang lumayan keras dan agak kering ya). makanya rasa keju yang kita ingat di kepala ya rasanya si cheddar yang sering kita makan itu.

nah, kenapa saya cerita ngalor ngidul begini? karna ada teman orang indonesia minta tolong ke saya untuk buatin cake keju ala indonesia, lengkap dengan si keju rasa indonesia alias si (white) cheddar yang jarangnya ga ketulungan. saya bilang ke dia untuk si keju cheddar putih ini susyah bangettt dapetnya. ga usah yang merek kraft deh, yang merek lain juga ga ada! saya dan suami juga udah beberapa kali keliling ke supermarket-supermarket (sampe ke whole sale supermarket macam sligro dan makro juga kita datengin) tapi ga pernah lihat si white cheddar ini. beberapa kali nemu cheddar tapi adanya yang red. kami pernah tetep maksa beli, tapi seperti yang kita duga ya rasanya ga sama dengan si cheddar-nya indonesia.

Kebetulan tadi sore saya perlu ke supermarket dekat rumah, karena ada beberapa item yang perlu saya beli untuk menu makan malam kami. Pas saya lewat di bagian keju-keju, ga disangka saya lihat ada white cheddar disitu! Saya tau itu cheddar dari kemasannya yang kurang lebih sama dengan red cheddar yang pernah saya beli sebelumnya. Duhh senengnya ga terkira nemu ini keju (walaupun belum tahu juga si rasanya sama dengan keju cheddarnya indonesia ato ga :p). Saya liat disitu cuma ada 2 pack, saya comot aja dua-duanya kali aja nanti akan perlu lagi hihi.

Berhubung keju sudah ditangan, berarti tinggal bikin si cake nya deh. Doakan ya supaya cake-nya sakses nanti 😉

Advertisements

2 thoughts on “Susahnya nyari Keju rasa Indonesia

  1. Terus gimana rasanya, Mba? Beli di supermarket manakah waktu itu? Sempat difoto ga Mba bungkusnya? Pengen banget bikin bolu keju (ngiler ngebayanginnya). Alvast bedankt voor de info. 😊

    Like

    • Halo Wanda, rasanya lumayan mirip kokk sama keju cheddarnya Indonesia karna jenisnya juga sama – cheddar juga. aku beli keju di Marks & Spencer waktu itu. Sayang aku ga foto yahh, tapi itu gampang kok cari yang mild ato jong, bungkusnya labelnya hijau muda.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s