Thing(s) you (probably) gonna miss when you’re not in Holland

Dulu pertama kali datang ke Belanda, ada beberapa hal di sini yang buat saya baru sama sekali dan ga pernah saya temukan di Indonesia, khususnya makanan. Ada juga beberapa kebiasaan yang buat saya sampai saat ini juga termasuk unik.

Postingan ini tidak membahas tentang delft blauw, klompen, bunga tulip (di beberapa negara lain juga banyak tulip kok), atau kincir angin ataupun keju =) pasti udah banyak juga yang membahas itu ya.
Ketika saya kembali ke Indonesia for good tahun 2009 lalu, ada beberapa hal yang bikin saya kangen Belanda. Saya bukan pencinta keju ataupun penggila coklat (yah masih dalam kadar normal aja lah :)) jadi bukan itu yang saya kangenin banget-banget. Masih banyak hal lain yang menurut saya lebih menarik dan bikin kangen dari Belanda.

Mungkin aja buat orang lain yang saya tulis di sini ga penting banget, tapi buat yang pernah ke Belanda dan pengen bernostalgia semoga aja postingannya bisa bikin sedikit hepi dan ikut mengiyakan😉

Rencana awal si tulisan ini cukup dibuat dalam satu postingan, tapi banyak banget ide yang bermunculan di kepala. Jadi besar kemungkinan suatu saat nanti saya akan tulis satu postingan lagi dengan topik yang sama hehe =) untuk sementara monggo dinikmati dulu yang ini yaaa

1. Kapsalon

No, in this case it’s not a place where you can cut your hair. It’s a sort of meal you can find here (i guess only here) in Holland.

image

photo taken from Wikipedia

Sebagaimana dikutip dari wikipedia, kapsalon ini bermula dari seorang hairdresser di Rotterdam yang meminta döner shop di dekat salonnya untuk meng-combine semua ingredients favorit dia ke dalam satu wadah.

Mau tau ga isi kapsalon apa aja?
Seperti yang terlihat di gambar berikut, kapsalon adalah gabungan dari french fries, shoarma (daging kebab), salad, ketimun dan kol (juga onion kadang-kadang), kemudian keju, dan garlic sauce (khas döner) – plus sambal bagi yang suka pedas.
image

guilty pleasure banget deh kalo makan ini. You know, jumlah kalori dalam satu kali serving kapsalon adalah approx.1800 kcal! Parah ya hahahaha, makanya ga boleh makan sering-sering yang beginian!

Menurut info yang saya dapat dari teman, ada beberapa tempat döner yang boleh men-subtitute french fries dengan nasi. Nah, pas banget kan sama lidahnya orang Indonesia 😉

2. Nasi untuk dessert (a.k.a. Rijstevlaai😁)

Cake ini bagian tengahnya adalah nasi (umm ga seperti nasi biasa si, tapi lebih ke bubur padat), kemudian diberi topping whipped cream dan shreded chocolate.

Rasanya? Buat saya ini enak banget! Bagian dasar cake ini agak mirip dengan pie, kemudian isinya (si nasi) lembut tapi padat. Belum lagi ekstra rasa dari si cream dan coklatnya. Hmmm..a must try kalo sedang berkunjung ke Belanda deh.

Menurut informasi dari suami, rijstevlaai ini adalah salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Limburg (dan Brabant).

3. Slagroomijs

Ini mungkin ga begitu spesial, tapi buat saya agak lucu aja, ada istilah slagroomijs disini (which litteraly means whipped ice cream). Istilah ini dipake untuk jenis es krim lembut (soft ice cream) semacam ice cream cone yang dijual oleh McDonalds.

Slagroomijs yang cukup terkenal adalah yang ada di Amsterdam. Nama tempatnya banketbakkerij van der Linde. Kadang kalo lagi rame (terutama di musim panas pastinya ya) antriannya bisa panjang banget! Tapi emang enak si hehe.

image

image

4. Naik sepeda ala orang Belanda

Pasti udah pada tau ya kalo di Belanda cycling is so popular. Dua video di bawah ini sedikit banyak menggambarkan bagaimana orang Belanda bersepeda. I have experienced few of them (one to mention: bersepeda sambil payungan!). Satu yang saya kurang setuju (dari cuplikan video di bawah ya) adalah berdiri di boncengan. It’s too dangerous man.

Pernah saya punya pengalaman minta dibonceng sama teman kuliah saya yang orang Belanda. Dia jalan terus dan saya disuruh ngejar trus lompat ke boncengan. Ya saya bete dong, kenapa jugaaa disuruh ngejar-ngejar gitu. Biasanya kan kalo di Indonesia kita langsung nangkring di boncengan yaaa, ternyata kalo di sini caranya beda hahaha. Mau tau caranya? Liat video di bawah ini ya😉

5. Efteling

the newest ride from efteling in 2015, Baron 1898

Efteling adalah pretpark kebanggaan Belanda yang paling hits di antara orang-orang Belanda, bahkan mungkin lebih tenar daripada Disneyland ataupun Legoland. Anak-anak saya aja udah berkali-kali ke sana setiap pergi selalu excited. Memang, menurut saya efteling bisa dibilang lebih “ramah” bila dibandingkan dengan disneyland dan legoland. Mengapa? pertama, pengunjung boleh bawa makanan atau minuman sendiri (kalo mau sedikit repot), dan apabila ga bawa harga makanan dan minuman di efteling masih cukup bersahabat.

Mungkin Legoland masih lumayan ya, tapi kalo Disneyland ampun deh. Untung agak jauh jadi kalo mau ke sana berkali-kali agak mikir juga haha (mami peliiit .*p)

the entrance of efteling during winter. so pretty!

 

Oh ya, salah satu atraksi terbaru di Efteling as I mentioned earlier di atas adalah rollercoaster yang cukup ekstrim bernama “Baron 1898”. Kurang tau juga sejarahnya, tapi rollercoaster ride ini menukik ke bawah hampir 180 derajat, masuk terowongan underground, kemudian going upside down dengan kecepatan yang wuihhh, cepet!

kalo saya disuruh naik ini, mungkin saya harus mabok dulu berbotol-botol sampe tidur dan ga sadar kalo naik ya alias its a NO NO for me. yaya you can call me een watje (sissy:p) for this one..udah tua ga suka atraksi yang terlalu menantang (hihi alesan deh yaaa).

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di link di bawah ini.

So, there you go 🙂 some things that would make me miss Holland if I’m not here. Sebenernya si masih banyak yang mau ditulis, tapi saya coba rangkum di lain waktu dan lain postingan aja ya biar ga kepanjangan.

feel free to share your idea(s) on what you miss from Holland here!

tot volgende keer.

4 thoughts on “Thing(s) you (probably) gonna miss when you’re not in Holland

  1. Belum pernah nyoba yang no.1,2,5. No.1 karena makanannya campur aduk, aku ga bisa makan yang campur baur gitu haha. Trus karena ada dagingnya, jadi ga bisa makan.
    Tahun kemaren pas pertama kali ke Belanda buat kenalan sama keluarga calon suami pada saat itu, trus kembali lagi ke Surabaya, langsung kangen dengan udara Belanda yang bersih, kangen dengan transportasi umum yang bersih dan (hampir selalu) tepat waktu, kangen sama kali-kalinya yang bersih, dan kangen melihat langitnya yang biru dan awan yang bergulunh bagus kalo sedang ga mendung dan hujan 😅

    Like

    • Emang kamu ga makan daging ya den? 😁 aku sebenernya lebih suka dürüm si hehe..fastfood favorit!
      Efteling bagus kok, dan worthed to visit 😉 nanti kapan-kapan minta mas kamu untuk ajak kesana, lumayannn untuk rekreasi hihi

      Untuk transportasi, memang si di sini jauh lebih baik daripada di indonesia. Tapi pernah juga pengalaman beberapa kali ada gangguan dengan listrik (power failure) kereta ga bisa jalan semua. Karna unexpected gitu pihak NS ga kasih alternatif transportasi dan mereka ga kasih kepastian kpn bisa jalan lagi zz. Akhirnya aku (dan penumpang lainnya) kejebak disana lumayan lama juga. Belum lagi kereta internasional yang lagi jalan tiba-tiba berhenti di tengah jalan karna lokomotifnya mati haha. Duh banyak juga lah cerita-cerita begini.

      Tapi aku setuju untuk udara yang bersih. Seandainya di jakarta (dan kota besar lainnya di indonesia) punya udara sebersih di sini, pasti akan lebih baik ya den 😊

      Like

      • Iya Mbak aku ga makan daging sama segala unggas. Cuman seafood aja. Efteling kalo sudah punya anak aja kesana haha. Semakin menua gini semakin males ke taman bermain kayak gitu. Dulu pas kerja di Jakarta setiap tahun selama 6 tahun selalu ke dufan mulu acara kantor. Aku cuman sekali naik halilintar, setelahnya kapok beneran. Tapi naik kora2 sama niagara masih ok lah. Wahana2 ekstrim yang baru disana aku angkat tangan. Lihat aja ngeri haha. Cukup halilintar aja.

        Like

      • Efteling konsepnya agak beda kok sama dufan. Mereka lebih ke tempat piknik kali ya hahhaa, banyak free space nya ☺. untuk wahana nya si emang ada beberapa yang ekstrim, tp yang santai untuk pacaran sama suami juga banyakk (ih aku udah kaya sales nya promo berlebihan😅)

        Like

Leave a Reply

