Resep Crispy Chicken Strips

Beberapa waktu lalu saya baru aja lihat postingan yang di share temen saya di facebook. Post yang di share adalah resep “Fried Chicken ala KFC”. Saya iseng banget nulis komen di situ dan bilang kalo saya punya resep yang lebih simpel hahaha (ini memang bener sik hehe). Nah, berhubung dapet rikues spesial, saya mau tulis resepnya di sini aja, biar sekalian buat saya kalo lagi butuh contekan =)

Khusus postingan resep yang ini saya akan tulis dalam bahasa Indonesia πŸ˜‰

Crispy Chicken Strips (Crispy Fried Chicken)

Bahan-bahan:

300 gr Chicken Fillet (boleh bagian dada atau paha) – potong memanjang – atau ayam utuh, dipotong sesuai selera

50 ml Buttermilk (kalo ga ada bisa di skip, atau bisa juga dibuat dengan mencampur susu uht dengan komposisi 250ml + 1 sdm perasan jeruk lemon/jeruk nipis – aduk rata)

Garam secukupnya
Lada secukupnya

Untuk lapisan luar/coating:

1 butir telur ayam ukuran besar (atau 2 butir ukuran medium)
2-3 sendok makan Susu tawar UHT (untuk dicampur ke kocokan telur)
Tepung terigu serbaguna secukupnya (sekitar 200-250gr)
1 sdt Garam (atau lebih sesuai selera)
1 sdt Lada hitam (lada putih juga bisa digunakan)
1 sdt Cabai bubuk (cayenne pepper) atau sesuai selera
1/2 sdt Baking Powder (bisa di skip)
Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat:
Taburkan garam dan lada hitam ke potongan chicken fillet/potongan ayam secara merata, kalo menggunakan buttermilk rendam potongan chicken fillet/potongan ayam tersebut ke dalam buttermilk. Diamkan selama beberapa jam (paling cepat 15 menit – beri waktu untuk garam, lada dan buttermilk sedikit menyerap ke dalam daging).

Sementara, siapkan untuk baluran telur dan baluran tepung terigunya. Kocok lepas telur beserta 2-3 sendok makan susu UHT, tambahkan sedikit lada bila suka.
Untuk tepung terigunya, campurkan garam, cabai bubuk dan lada hitam (kalo ada keju parmesan dan oregano bisa juga dicampurkan sedikit untuk menambah rasa).

Panaskan minyak. Gunakan minyak yang cukup banyak ya supaya pada saat menggoreng ayamnya terendam.

Untuk menggoreng ayam, ambil satu potong chicken fillet/ayam dari rendaman buttermilk, tiriskan dan keringkan (menggunakan cooking paper atau serbet), gulingkan ke campuran terigu (usahakan sampai terigu menutup ayam dengan merata), angkat dan celupkan ke kocokan telur+susu, kemudian gulingkan kembali ke campuran terigu. Masukkan potongan ayam yang telah tertutup dengan tepung tersebut ke dalam minyak panas (setelah ayam dicemplung, kurangi panasnya dan gunakan medium heat supaya gorengan tidak cepat gosong dan bagian dalam ayam matang – paling krusial kalo menggunakan ayam potongan dengan tulang). Goreng hingga ayam berwarna kecoklatan (golden brown). Angkat dan tiriskan.
Hidangan siap disajikan =)

ps.
Mau lihat hasil Crispy Chicken Strips bikinan saya? silahkan diintip dibawah ini ya.
Selamat mencoba!

image

image

Untuk variasi, crispy chicken strips ini enak juga dimakan bareng tortilla wrap. Sausnya bisa pake mayonaise dan saus tomat plus saus sambal aja, atau kalo niat banget bisa bikin salsa sauce. Simpel, lebih sehat (karena bikin sendiri plus bisa masukin banyak sayuran), dan insyaallah lezat πŸ˜‰

image
Sori ya, foto-fotonya kurang mantap (pake hp soalnya) n ga pake step by step, nanti lain kali kalo niat saya nulis resepnya pake foto proses pengolahannya juga deh ya hehe (mungkin selalu lupa nih hahhaha)

Advertisements

10 thoughts on “Resep Crispy Chicken Strips

      • Iya, aku ga makan unggas dan daging. Karena memang ga suka rasanya sejak kecil. Trus gedenya sering lihat film dokumenter tentang industri makanan yg melibatkan unggas dan daging, makin bersyukur ga makan, ga tega soalnya lihat hewan dibunuh 😁 ikan salmon pasti makan seminggu sekali, seafood yang lainnya jarang2 selama disini, padahal di Haagse Markt banyak macemnya dan murah2. Males masaknya soalnya ga kuat bau amis dan ga tega ngebersihin ikan sendiri. Pedagang dipasar ga mau ngebersihin kalo ikanya murah haha. Kalo salmon sudah bersih.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s