Resep Rainbow Cake

Draft tulisan ini sebenernya udah lama banget ngendap di blog saya. Setahun yang lalu, anak kami yang perempuan request dibuatkan rainbow cake untuk ulang tahunnya dan kami mengiyakan permintaannya. Selain penasaran, kami juga memang suka eksperimen dengan baking walaupun ga sering-sering amat hehe. Di Belanda juga Rainbow Cake ga gitu tenar dan sampe sekarang pun saya belum nemuin toko yang jual rainbow cake ready to eat di sini. Mungkin ada ya kalo kita order khusus, tapi biasanya kalo order harganya mahal dan belum tentu rasanya sesuai dengan selera kami (belagu ya :D). Anyway, akhirnya saya mutusin buat browsing resepnya aja di internet.

Saya nemu resep rainbow cake di internet cukup banyak, tapi hampir sebagian besar resep yang saya temuin measurement-nya pake US system (pake ukuran cup, bukan metric/gram). Selain itu kalo saya liat dari perbandingannya kadang agak gimana gitu (biasanya sebelum nyoba satu resep saya liat dulu apakah resepnya masuk akal, mudah diikuti dan ingredients nya ga aneh-aneh hehe). Saya akhirnya nemu satu resep yang buat saya (dan suami) cukup make sense, kelihatannya mudah diikuti dan ukurannya pake metric system. Alhamdulillah setelah pertama nyoba bikin satu resep dan cukup oke hasilnya, pas bikin si kue komplit pada hari ulang tahun si eneng kuenya berhasil dibuat dengan sukses. Makanya saya mau share resepnya di sini, kali aja ada temen-temen yang mau coba juga (sekalian buat contekan saya juga kalo pas mau bikin lagi hihi).

Saya coba untuk menuliskan resepnya di sini dalam bahasa Indonesia. Kalo ada yang mau lihat resep aslinya yang dalam bahasa Inggris boleh klik linknya di sini ya. Selamat Mencoba =)

Rainbow Cake

Ps. Untuk membuat Rainbow Cake enam lapis (enam warna) resep cake dibawah ini dibuat sebanyak dua kali ya.

Bahan-bahan (untuk Cake):

225gr mentega, simpan dalam suhu kamar
225gr gula pasir halus
1 sendok teh (5ml) ekstrak vanila
4 butir telur ukuran L, dalam suhu kamar
225gr tepung terigu, ayak
Pewarna makanan (Food colouring) – merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu. Kami menggunakan Wilton Gel Food Colouring.

Bahan Icing (Cream Cheese Frosting):

100gr mentega, lembutkan (simpan dalam suhu kamar)
1 sendok teh ekstrak vanila
Kira-kira 125gr gula halus, ayak (dan sedikit ekstra bila diperlukan)
4 x 250gr cream cheese (saya cuma pake 3 x 250gr aja, karena anak-anak lebih prefer basic/vanilla butter cream daripada cream cheese frosting).

Cara Membuat Cake:

  1. Panaskan oven sampai 180 derajat celsius
  2. Siapkan loyang bulat (tipis) ukuran 20 cm, alasi dengan kertas kue (baked paper) dan olesi dengan mentega/margarin.
  3. Kocok mentega (yang sudah lembut teksturnya – karna disimpan di suhu kamar) dan gula pasir menggunakan mixer sampai rata dan halus serta warnanya berubah menjadi sedikit putih (pucat). Lama pengocokan kurang lebih 5-10 menit.
  4. Masukkan ekstrak vanilla dan telur satu per satu (pastikan telur tercampur rata sebelum yang berikutnya ditambahkan ke adonan). Matikan mixer.
  5. Tambahkan tepung terigu menggunakan spatula dan dengan menggunakan teknik folding (diaduk dari bawah ke atas) sedikit demi sedikit sampai habis.
  6. Bagi rata adonan menjadi tiga bagian (pastikan beratnya terbagi dengan rata ya). Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing adonan. Sebaiknya pewarna ditambahkan sedikit demi sedikit sampai adonan mencapai warna yang diinginkan. Biasanya (berdasarkan pengalaman saya) pada saat matang kue akan berwarna lebih terang dari adonan yang belum dipanggang.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan sebelumnya, panggang di oven selama kurang lebih 15-20 menit. Gunakan tusuk gigi untuk mengecek apakah kue sudah matang sepenuhnya atau belum.
  8. Setelah matang, keluarkan kue dari oven, dinginkan selama beberapa menit untuk memudahkan proses pemindahan dari loyang.

Ulangi kembali resep ini untuk membuat cake dengan tiga warna lainnya.

Cara membuat Cream Cheese Icing/Frosting:

Kocok mentega dan ekstrak vanila sampai mentega berwarna pucat dan tekstur menjadi halus. Tambahkan gula halus, aduk/kocok sampai rata. Kemudian tambahkan cream cheese dan aduk sampai tercampur rata dan tekstur icing menjadi halus. Cicipi adonan icing dan apabila terasa kurang manis bisa ditambahkan gula halus lagi (sebaiknya sedikit-sedikit) sampai rasa manisnya sesuai selera.

*untuk vanilla butter cream resep bisa nyontek dari link ini πŸ˜‰

Kalo untuk menyusun adonannya temen-temen pasti udah pada tau ya hehe. Biasanya untuk Rainbow Cake susunan warnanya dari tumpukan paling bawah sampai ke atas adalah: ungu, biru, hijau, kuning, orange, merah. Boleh juga ditumpuk dengan susunan warna lain sesuai selera kok. Untuk Rainbow Cake yang classic biasanya bagian luarnya hanya dengan olesan cream cheese icing atau vanilla butter cream saja, tapi kalo mau dibuat lebih menarik bisa juga dilapisi dengan fondant/marzipan, atau diberi sedikit sugar sprinkles, atau bisa juga ditutup dengan M&Ms. Untuk tahun lalu saya kerajinan (dan kebetulan belum ada bayi jadi masih lumayan ada waktu senggang) jadinya Rainbow Cake-nya saya tutup pake M&Ms. Hasilnya keren si, tapi ngerjainnya itu loh, perlu kesabaran dan kitanya kudu telaten, plus susah motongnya! :D. Belajar dari tahun lalu akhirnya untuk tahun ini kami cuma kasih M&Ms di bagian atas cake nya aja, sementara untuk sekelilingnya kami pake marzipan. Lumayan lah kalo buat cake anak-anak hehe. Kalo buat dewasa sih prefer kasih sugar sprinkles aja dehhh biar kesannya rustic gitu (asik).

Anyway, semoga yang mau nyoba bikin sukses ya, saya sertakan sedikit foto cake-nya dari hasil karya saya tahun lalu  dan tahun ini, mudah-mudahan memicu temen-temen buat nyoba. Goodluck!

mtf_peokr_1251

the cake from our first attempt, using one recipe

dsc_2896-001

and this is the cake we made this year =)

Advertisements

5 thoughts on “Resep Rainbow Cake

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s