Resep Lontong Isi/Arem-arem a la Mama dan Bakwan Sayur Goreng

IMG_20170529_101437_453

Beberapa waktu yang lalu, out of nowhere, tiba-tiba saya mimpiin lontong isi-nya mama saya. Mimpinya aneh banget ya hihi. Tapi lontong mama saya itu memang ga ada duanya deh (buat saya dan kakak-kakak-adik saya at least hehe).

Lontongnya itu gurih, karena biasanya mama pakai santan. Kali disebutnya arem-arem ya karena pake santan hehe (sampe sekarang saya ga tau bedanya arem-arem sama lontong sebenernya si hihi, kami nyebutnya selalu lontong isi aja). Trus isinya suka dikasih ranjau – cabe rawit. Kalo kegigit cabe rawitnya, buat orang yang ga kuat pedes kaya saya ini bisa langsung kelojotan trus kelabakan cari minum deh haha.

Mumpung saya lagi mood dan juga karena sekarang lagi bulan Ramadhan (khas banget kan lontong pake bakwan goreng untuk menu berbuka puasa haha), jadilah akhirnya dua hari yang lalu saya putuskan (ciee) buat bikin lontong isi. Untuk resepnya saya langsung kontak mama buat bikin contekan haha. Bersyukur mama sekarang udah lebih jago nge-type di whatsapp dan line, jadi saya bisa cepet dapet resepnya πŸ˜‰

Supaya ga hilang resepnya (dan ga perlu ganggu mama lagi), saya mau tulis resepnya di sini hehe. Yang agak krusial sebenernya bumbu untuk isinya, karena untuk ini agak susah untuk dapetin rasa yang pas dan cocok kalo udah nyoba lontongnya mama.

Buat temen-temen, siapa tau abis liat postingan ini ada yang terinspirasi dan mau coba bikin buat menu tajil hari ini (ato beli juga boleh hahaha).

Yuk monggo diliat resepnya πŸ™‚

Bahan-bahan:

Untuk lontongnya:
– 350gr beras putih
– 300ml air putih
– 100ml santan
– Daun pisang secukupnya (cukup untuk sekitar 12 – 15 lontong)
– Garam secukupnya (kurang lebih 1 sdt)

Cara membuat:
campur semua bahan ke dalam panci, masak hingga mendidih, kemudian kecilkan apinya. Setelah airnya mulai surut, aduk nasi sambil diketruk (saya bingung bahasa indonesianya apa hahaha, maksudnya supaya si nasi ini jadi lebih rapet, nyatu dan tidak mencar). Matikan api, tapi sesekali tetap diaduk dan diketruk nasinya.

Untuk isinya:
– 1 buah kentang ukuran besar, kupas dan potong dadu kecil
– 2 buah wortel ukuran sedang, kupas dan potong dadu kecil
– 250 gr fillet ayam (boleh bagian dada atau paha)
– Daun seledri dan daun bawang masing-masing satu batang (atau sesuai selera)
– Gula pasir secukupnya (+ 1 sdm atau sesuai selera)
– Bubuk penyedap secukupnya (maggi block atau royco)
– Garam secukupnya
– Lada hitam secukupnya
– Minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu untuk isinya (haluskan):
– 3 butir bawang putih
– 1 butir kemiri
– 1/2 sdt bubuk kunyit (atau 1 cm kunyit segar, bakar sebentar)
– 1 sdt garam
– 1/2 sdt lada putih bubuk

Cara membuat:
Pertama rebus fillet ayam dengan 1500ml air, 1 sdt garam, 1/2 sdt lada, 1/4 biji pala bubuk, 2 cm jahe. Rebus hingga daging matang, kemudian potong dadu. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi, kemudian masukkan potongan kentang dan wortel, aduk rata, kemudian tambahkan ayam yang sudah dipotong dadu tadi. Tambahkan bumbu-bumbu lainnya (gula, garam kalo masih diperlukan, bumbu penyedap (kalo pake) dan lada hitam bubuk). Terakhir masukkan daun seledri dan daun bawang, kemudian kecilkan apinya. Cicipi dan tambahkan garam atau gula hingga rasanya sesuai selera. Masak hingga kentang dan wortel matang. Isi siap dipergunakan (bisa juga dipake untuk isi risol kampung, cuma tinggal ditambah bihun :)).

Untuk membuat lontongnya, siapkan daun pisang (jangan terlalu kecil, tapi jangan terlalu besar juga ya), kemudian ambil kira-kira satu sendok makan munjung adonan lontong, pipihkan merata di daun. ambil kurang lebih satu sendok teh munjung adonan isi, kalo suka pedes bisa ditambahkan cabe rawit di tengah isi ini, kemudian gulung lontong (usahakan supaya isinya tidak terlihat dan ada di tengah-tengah), tekuk kedua sisi daun. Lakukan hingga semua adonan lontong habis.

Siapkan panci untuk mengukus lontong. Setelah air di dalam panci mendidih, letakkan lontong yang sudah kita buat tadi ke dalam panci kukusan. Kukus lontong selama kurang lebih 30 – 45 menit (atau 1 jam kalo ngerasa belum yakin mateng, cuma pastiin air kukusan ga habis sama sekali ya 😝). 

Lontong siap disajikaaan.

O ya, di sini saya juga tambahin bonus resep bakwan goreng ala Anis ya hihi, secara ini bakwan goreng gampang banget (tinggal aduk trus goreng dehh).

Resepnya yang utama yaitu tepung terigu dan sayur iris siap masak (kalo di sini saya suka pake bami/nasi pakket yang banyak dijual di supermarket. Kalo ga ada yang siap pakai, boleh sayurnya dipilih sesuai selera – kalo saya minimal ada wortel, tauge, kol dan daun bawang – seledri). Kemudian untuk bumbu-bumbunya: 1 sdt kunyit bubuk, 1 sdt garam (atau lebih, sesuai selera), 1 sdt gula, 1/2 sdt bubuk penyedap rasa (saya biasanya pake maggi block), 1 sdt bawang putih bubuk, 1 sdt ketumbar bubuk, dan 1/2 sdt lada halus. Aduk semua jadi satu, trus goreng deh sesuai selera sampai adonannya habis.

Makin lengkap kalo makan lontong dan bakwannya disiram pake sambel kacang!

5 thoughts on “Resep Lontong Isi/Arem-arem a la Mama dan Bakwan Sayur Goreng

Leave a Reply

