daily stuff · personal

Radio.

Image via tucsonweekly.com

TV gives everyone an image, but radio gives birth to a million images in a million brains.

~ Peggy Noonan

Adakah temen-temen yang masih suka dengerin radio? Well call me old fashion, tapi saya sampe sekarang masih dengerin radio loh hehe. Mungkin ga sesering dulu, tapi ada beberapa momen yang rasanya kalo ga ada radio ga asik hahahha.

Setiap saya lagi nyetir misalnya, radio hampir selalu nyala (player di mobil saya cuma bisa pake cd player bo wkwk, maklumlah mobil jadul hihi). Selain itu, kalo saya mau nyetrika (halah emak-emak banget yak πŸ˜‚) saya lebih suka kalo ditemenin sama radio.

Dulu pas jaman SMP – SMA hampir tiap hari pasti deh dengerin radio. Biasanya saya dengerin radio di pagi hari (paginya pagi banget yes, secara saya harus berangkat sekolah pagi banget dan biasanya saya nebeng sama bapak saya hihi) dan sore. Pas saya mulai kerja, ada satu senior di bagian saya tiap dateng pasti deh nyalain radio. Dulu salah satu stasiun yang paling sering saya dengerin adalah Prambors (RasisoniaπŸ˜…). Kayanya kalo ga dengerin Prambors ga keren deh rasanya hahaha. Beberapa penyiar waktu itu yang saya masih lumayan inget ada Muthia Kasim dan Ferdy Hasan juga Becky Tumewu Fla Priscilla, Venna Annisa, dan Cici Panda (semuanya setelah agak tuaan hijrah ke stasiun lain dengan pangsa pasar usia yang lebih “dewasa” kaya Female FM dan Delta FM dan juga merambah ke televisi). Acara di Prambors yang masih lumayan saya inget adalah Morning Show-nya Angga-Irfan, sempet beberapa kali ganti MC/DJ, pasangan terakhir yang menurut saya bagus chemistry-nya adalah Arie Daginkz dan Desta. Setelah era Prambors mulai banyak bermunculan radio lain dengan genre dan konsep yang hampir sama. Pas radio HardRock FM baru mengudara, saya lumayan sering dengerin siaran Good Morning Hard Rocker Show dengan Farhan sebagai penyiarnya (kalo ga salah duet bareng Indy Barends). Setelah Farhan pindah stasiun, Indy ganti pasangan dengan Indra Bekti. Satu lagi stasiun radio lain yang saya suka dengerin siarannya adalah acaranya Ronal-Tike (RoTi) Sarapan Pagi di JakFM.

Seiring bertambah umur, saya pun ngerasa kalo lagu-lagu dan konsep siarannya Prambors jadi kurang cocok sama saya (maklum, makin tua perasaan saya jadi lebih suka dengerin lagu-lagu standar yang familiar dan ga terlalu hingar bingar hihi). Dengan genre usia yang lebih tinggi (baca: tua), saya jadi lebih sering dengerin radio Delta FM dan Female FM. Sempet juga dengerin Gen FM tapi buat selera saya pribadi ngga tau kenapa kurang ngena di hati (halah). O iya, saya juga kadang suka denger siaran radio Sonora hahahha. Penyiarnya ga ada satu pun yang saya tau, tapi cara mereka announce hampir semua mirip suaranya Maria Oentoe (cuma orang jadul yang tau kayanya nih πŸ˜‚). Suaranya semua mendesah mendayu dan lembuuut banget, berasa kaya lagi dininabobo deh hahaha.

Pas kuliah di sini dulu saya lebih sering denger player dari laptop atau di handphone. Selain ga punya radio (kalo ga salah di tahun 2008 buat streaming radio Indonesia juga masih ga bisa atau jelek deh), saya juga belom familiar sama siaran radio Belanda (well, selain DJ-nya ngomong bahasa Belanda (dulu mana ngerti 🀣), kadang mereka juga nyelipin lagu Belanda. Paling saya dengerin radio kalo pas saya numpang mobilnya temen ato (mantan) pacar hehe. Stasiun radio yang saya kenal dan lumayan muterin lagu-lagu yang familiar buat saya dulu cuma Sky FM (bisa jadi berasa familiar karna di Indonesia ada stasiun radio dengan nama yang sama ha!).

Kalo sekarang buat saya (hampir) ga masalah lagi buat denger penyiar berbahasa Belanda 😁. Selain udah agak terbiasa dan kurang lebih ngerti dengan apa yang mereka omongin, lagu-lagu yang mereka puter pun jadi lebih banyak yang berasal dari Top 40 (atau bahkan top 2000 songs of all time). Plus kayanya kuping saya mulai bisa nerima lagu-lagu Belanda walo ga semuanya hihihi. Beberapa radio yang saya sering denger di sini ada Sky FM (paling sering muter lagu-lagu Pop jaman sekarang), Q Music (kurang lebih sama konsepnya kaya Sky FM), kemudian Veronica (kalo yang ini dibanding dua stasiun yang saya sebut duluan lebih sering muterin lagu-lagu hits yang agak lawas).

Salah satu yang saya suka dari siaran radio di sini adalah kayanya hampir setiap jam mereka akan nyampein berita singkat tentang apa yang terjadi (di Belanda dan juga di dunia luar), situasi jalanan, dan juga cuaca hari ini. Di Indonesia siarannya juga suka nyelipin berita atau info-info tertentu kaya gini si yaa, tapi dulu saya mana perhatian wkwkwk. Saya agak pemalas buat baca berita (apalagi yang dalam bahasa Belanda) makanya saya seneng setidaknya kalo pas denger radio gini sekalian juga dapet informasi.

Oh ya satu lagi, saya juga suka sama radio karna ada unsur kejutannya hahaha. Maksudnya kita kadang ga tau bakal diputerin lagu apa sama si penyiar. Emang si kadang kita dapet lagu yang ga kita suka, tapi kaya hidup yang juga ga selalu mulus, mau ga mau ya hadapi dan lewati aja (ih dalem ya πŸ˜…). Cuma enaknya sama radio kita bisa ganti channel lain dan nyari yang kita suka (eh, sama hidup juga gitu kayanya y hihihi).

5 thoughts on “Radio.

  1. Aku lebih radio person daripada tv person. Sampai sekarang jarang banget nonton TV. Pas masih ada acaranya Anthony Bourdain, nontonnya itu mulu. Kalo Radio, selain Sky FM, juga Q musik (sama kita) ada juga Sublime. Kalo pas lagi males hingar bingar, puternya Classic FM (isinya musik klasik mulu, lumayan lah bikin ngantuk haha). Dulu pas masih kerja, setiap nyampe ruangan langsung menuju ke radio yg ada di pojokan ruangan. Langsung puter Sky FM atau ga NPO (niat banget πŸ˜…). Pas masih di Surabaya, sukanya dengerin Hard Rock FM yg GMHR penyiarnya Meity dan Ivan. Bisa terkencing2 dengerin mereka saking lucunya. Pas di Jkt sukanya dengerin Female dan Cosmopolitan FM.

    Liked by 1 person

      1. Karena mondar mandir, ga bakal kedengar deh radionya.. haha.. jadi yah cuek aja.. tenang, gua ga punya spotify juga hihihi.. oiya, krn ga bole bawa hp, terus ada larangan juga ga bole kerja sambil pasang head set.. jadi yah udah deh.. untungnya gua enjoy2 aja.. 😬

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s