daily stuff · Holland · nature · personal

Bunga-bunga di Rumah.

Last batch of tulips in our backyard 💜

Semenjak kebun belakang rumah kami sudah selesai dirapikan, saya jadi seneng eksperimen sama tanaman. Well lebih ke bunga-bunga sih ya, karna pada dasarnya saya memang suka bunga. Ada juga kepengen nanam sayur-sayuran sebenernya, cuma masih belum begitu pede untuk eksekusinya hehe. Bunga yang saya pilih hampir sebagian besar yang minim perawatan hahaha. Maklum, saya agak pemalas orangnya (ngaku hihi).

Saya baru tau kalo posisi rumah juga menentukan bunga mana yang sebaiknya ditanam loh haha. Maklum bukan tukang kebun (temen aja sampe amazed denger saya bercocok tanam 😂) jadinya bener-bener awam sama beginian. Posisi depan rumah saya menghadap ke selatan, yang otomatis hampir setiap saat ga kena sinar matahari langsung, sementara kebun belakang menghadap utara. Dulu sebelum halaman belakang direnovasi, di sederetan pinggir pagar yang berbatasan dengan tetangga ada kurang lebih 6 pohon sejenis pohon pinus (conifer) yang ukurannya udah terlalu besar dan makan tempat. Selain itu ada beberapa bunga mawar liar dan bunga hydrangea yang udah cukup besar volumenya. Di dekat gudang juga ada pohon blackberry liar (yang buahnya asyem bangett) dan beberapa bunga crocus liar.

Beberapa jenis bunga yang sudah tereksekusi (alias ditanam) dan alhamdulillah sukses sampe berbunga dan kemudian layu antara lain:

Tulip.

Bunga ini periode tanamnya kalo di sini adalah sekitar pertengahan bulan Oktober sampai awal bulan November (periode akhir musim gugur), dan mulai keluar tunas di sekitar bulan april dan berbunga biasanya di akhir Maret dan April (awal musim semi). Bentuk bibitnya berupa bulbs (dalam bahasa Belanda berarti bollen atau umbi). Kalo pas lagi di periode Oktober-November harganya bisa murah banget (kecuali kalo beli di bandara dan yang jenis khusus ya). Cara nanemnya termasuk gampang, cukup ditanam di dalam tanah dengan kedalaman sekitar 5-8 cm, dan supaya nanti pas bunganya mekar terlihat cantik sebaiknya si tulip ini ditanam secara berkelompok atau bergerombol. Setelah si umbi ditanam kita ga perlu ngapa-ngapain lagi deh, tinggal tunggu waktunya mereka mulai bersemi dan berbunga.

Tulip jenis ini tingginya lumayan dan berbunga sedikit lebih telat dari jenis yang lain.
First batch of tulips in our backyard.
When all tulips on the row are blossoming ❤

Hydrangea atau Hortensia.

Picture was taken end of spring last year.

Kalo bunga ini kebetulan saya nanemnya di pot dan diletakkan di depan rumah. Kebetulan bunga hortensia ini bisa tumbuh dan berkembang di tempat teduh dan ga begitu perlu sinar matahari langsung. Penting juga si bunga dapat cukup air tapi juga gak terlalu banyak (yang mengalir alias akarnya tidak terendam). Pot yang bisa dipergunakan adalah yang ada lubang di bagian bawahnya, supaya air dari pot bisa mengalir.

Bunga hortensia yang dulu saya beli adalah yang sudah berbunga penuh, dengan beberapa yang masih belum berwarna (alias masih hijau). Belinya bisa di supermarket, bisa juga di toko khusus tanaman. Harganya bervariasi tergantung banyaknya bunga dan jenisnya juga. Si bunga mulai berkembang di sekitar April (musim semi) dan bertahan lumayan lama, kalo beruntung bisa sampe sekitar September (awal musim gugur). Setelah itu biasanya si bunga mulai berubah dan menjadi kering. Kalo si bunga sudah jelek sebaiknya dipotong. Sisanya cukup dibiarkan aja di pot (tapi jangan sampe ada air berlebih di pot). Biasanya di akhir musim dingin si bunga yang sebelumnya keliatan menyedihkan akan mulai bertunas lagi.

They just start to blossom again this year 😊
Picture was also taken end of spring last year.
Cannot wait to see them in full blossom again!

Daffodils atau Narcissen.

Saya sebenernya tau nama si bunga ini daffodils gara-gara Inly hahaha. Di sini kan disebutnya Narcissen makanya saya ga ngeh kalo mereka adalah satu jenis bunga yang sama. Daffodils ini juga banyak jenisnya, yang paling banyak dan sering ditemui adalah yang berwarna kuning. Kebetulan si daffodils kuning ini saya ga punya di kebun sendiri tapi di kebunnya mama mertua. Saya sendiri dapet daffodils warna putih dari charity event-nya anak-anak untuk sekolah. Lumayan banget lah buat nambah koleksi bunga di kebun kami hehe. Kami dapet si bunga di sekitar bulan April dan sudah dalam bentuk umbi bertunas alias siap pindah ke tanah atau pot besar. Anak-anak pun ikut bantu nanem dan merawat si calon bunga hehe.

Lavender.

Bunga ini memang salah satu jenis yang pengen saya tanem kalo kebun udah beres. Selain wangi, bunga ini juga tahan dingin dan ga gitu sulit ngerawatnya. Saya beli si lavender sudah berbunga di pot-pot kecil. Setelah keliatan merana dan kering selama musim dingin, sekarang si lavender udah berbunga lagi dan tambah banyak.

Rombongan lavender di ujung terdepan halaman kami 😁
Look at the bee!

Lily of the Valley.

Saya nanam bunga ini adalah hasil provokasi dari temen saya hahaha. Jadi sewaktu nikah dulu princess Kate Middleton pake lily of the valley sebagai wedding bouquet-nya. Selain itu wanginya juga cukup kenceng kata temen. Makanya saya jadi penasaran hehe. Saya beli si lily of the valley ini dalam bentuk akar yang sudah muncul tunasnya sedikit. Karena juga penasaran dengan yang warna pink-nya, jadilah walau agak mahal tetep saya beli juga lily pink-nya. Alhamdulillah yang lily of the valley warna putihnya udah sempet berbunga, sementara yang pink saya sempet kawatir karna tunasnya ga ada yang keluar. Makanya begitu kemarin liat ada pucuk tunas yang keliatan saya jadi hepi hehehehe. Mudah-mudahan aja nanti sampe berbunga ya.

Fresias.

Barisan fresia

Setelah masa berbunga tulip sudah selesai, saya pun mulai cari-cari bunga mana yang bisa mewarnai kebun kami (halah). Temen saya nyaranin untuk nanam fresia aja, karna selain bagus juga harum. Akhirnya saya nanem fresia ini dan milih warna putih dan biru di ruang dekat sepanjang pagar. Saya baru tanem bunga ini di akhir-awal mei, beli bulbs-nya secara online (fresia termasuk bunga yang cukup murah) dan sekarang daun-daunnya udah mulai bermunculan hehe.

Calla Lily.

Pucuk daun si calla lily.
Calla lily in progress.

Sama kaya fresia, calla lily ini juga saya tanem atas saran temen saya. Waktu tanamnya juga berbarengan dengan fresia, cuma untuk harga bulbs-nya agak lebih mahal dari fresia. So far si hampir semua calla-nya udah keluar daunnya, cuma masih ada satu spot yang masih belum keliatan sibuk hehe. Mudah-mudahan aja si bonggol gak mati ya.

Gladiols.

Daun-daun bunga gladiol yang sudah mulai meninggi 😉

Bunga ini saya beli semata karna lagi diskon pas nemu hahahaha. Saya ga gitu penasaran sama gladiol, walau sebenernya bunga ini bagus juga. Kata temen saya bunga ini adalah favoritnya para nenek-nenek wkwkwk. Sama kaya fresia, bunga ini juga harus ditanam di bulan Mei. Sewaktu saya nanem fresia, karna udah kebanyakan nanem fresia jadinya nunda nanem gladiolnya. Ujung-ujungnya mertua saya yang nanem karna dia ga sabaran orangnya hahaha. Sekarang gladiolnya juga sudah mulai keluar daunnya.

Allium.

Saya beli bulbs bunga ini barengan dengan tulip. Waktu nanemnya juga bareng, cuma saya ga beli banyak dan nanem si allium di pot. Begitu daunnya pada keluar saya masih mikir kalo bunga yang saya tanam tulip, tapi lama-kelamaan bingung kok daunnya beda dan lama banget berbunganya hahaha. Begitu si kuncup bunga keluar saya baru sadar kalo bunga ini bukan tulip (duhh bentuknya beda banget kalii). Dari sepuluh bulbs yang ditanam, yang jadi bunga ada empat. Saya juga baru tau namanya adalah Allium setelah saya kasih liat foto si bunga ke temen saya 😂. Kata dia allium ini termasuk ke dalam genus bawang-bawangan. Pantes aja kalo si bunga dicium, bukannya wangi harum khas bunga, ini lebih ke wangi bawang hahaha.

Semoga postingan ini bisa bikin seger mata ya.

15 thoughts on “Bunga-bunga di Rumah.

  1. Wah Anis, rapi banget ya halaman belakangmu. Dulu sebelum renovasi bener2 berantakan atau biasa aja? Kayak halaman belakang rumahku ga sebelum renovasi? Dibenerin sendiri atau panggil tukang? Hahaha maaf banyak nanya. Halaman belakang rumah nih sebenernya sudah ok, banyak bunga2nya dan bikin suasana jadi sejuk. Tapi kalau kayak tahun kemaren dan tahun ini yang masih ruwet, jadi musti ekstra bebenah supaya selalu terlihat rapi. Dan aku yg bertugas merapihkan, motong2, nyapu. Mana ada halaman depan juga yg banyak tanamannya. Suami ga suka dengan halaman yg banyak tanaman sedangkan aku suka. Beberapa kali dia pengen renovasi bikin seminim mungkin yg ada tanahnya. Biar terlihat lebih lapang. Sementara aku kan masih punya ambisi bercocok tanam tahun depan yang bisa dimakan (aku ga terlalu suka bunga2, lebih suka nanam yg bisa dimakan). Haduh malah curhat haha. Jadi tahun ini aku bener2 ga bercocok tanam. Menikmati bunga2 yang sudah ada saja, sambil nyapu2 dan motong2 😅😅

    Like

    1. Dulu halaman belakang kami udah kaya semak belukar Den, bahkan mau ke gudang buat ambil sepeda aja susah saking tingginya si rumput liar😂 halaman kamu mah baguuus, udah rapi teratur gitu kan, ga bikin mata sakit hahaha

      Saking berantakannya makanya kami pake hoveniersbedrijf. Mereka ngerjain pembersihan (paling berat ini), pasang lantai kayu, tegel, sama rumput, sementara buat desain lay-out dan nanem-nanem kami yang ngerjain. Selain bunga ada juga rosemary sama thyme di deretan tanamannya, sama anak-anak juga ada nanam ketimun, courgette sama paprika, walo belum keliatan buahnya 😁 niat hati pas spring mo mulai moestuin gitu apa daya udah males duluan 😂

      Halaman belakang ini sengaja dibikin minimalis karna aku dan suami pemalas Den hahaha, nyari bunga atau tanaman aja yang minim perawatannya biar ga repot dan juga tentu yang aman buat anak-anak.

      Like

  2. Halaman belakangnya rapi banget mbak *sambil lirik halaman belakang rumah saya yang udah kayak hutan belantara*. Seger banget liat warna warni cantik dari bunga2 itu 🙂

    Like

    1. Hihihi pasti halaman belakangnya mba Adhya jauh lebih baik daripada halaman kami sebelumnya deh. Kalo liat halaman belakang kami tahun lalu pasti menjerit, berdecak kagum trus komentar: “itu kebun apa semak belukar? bisa dilewatin ga?” 😂

      Like

  3. mbaaa, rumah ngadepnya enakk, adem yaa. lha rumah aku ngadep timur, eng ing eng pas sore panasnya udah kaya apa hahaha.. Ayoookk bercocok tanam sama2 Mba, aku malah bunga gak, malah sayur2an, cm baru strawberry yg panen, yg lain belum hehe.. semangat mbaaaa

    Like

    1. Iyaa tapi yang enak yang bagian depan tridd adem terus perasaan ga pernah kena matahari langsung, kalo halaman belakang harus tunggu sampe matahari turun baru enak buat duduk-duduk 😆

      Iyaa aku liat di IG story udah panen strawberry aja ihh serunyaa, di sini anak-anak pada nanem ketimun courgette radish sama paprika nih, tapi belum ada yang berbuah hahaha
      Semangat juga astriid, kalo panennya banyak boleh dikirim ke sini 😜

      Like

  4. Huaaaaaa.. mantap banget Nis, kebunnyaaaa.. tsakep2 semuaaa.. gua naksir sama Hydrangeanya.. yang dari hijau berubah ke merah.. ishhh, gua sih bisa pantengan tiap hari, foto2 mulu haha..

    Like

    1. Ahhaha trik angle nya juga nih kayanya jadi keliatan gimanaa gitu yah Inly😁 tapi thank God sekarang udah rapi jadi makin seneng ke halaman belakang dan duduk aja gitu di sana sambil liat si bunga-bunga😊

      Mantengin bunga itu kejadian sama si tulip kemarin nly, tiap hari gw foto tu si kuncup karna penasaran sama warna akhirnya wkwkwk

      Like

      1. Kalau kata Iyan, pas musim dingin ini, dia mau beresin taman, jadi nanti Spring dah lebih sedap dipandang, hahaha.. gak tahunya, cuaca dingin mulu, mau keluar rumah aja malesnya ampun2an..

        Iya, gua kadang juga suka fotoin, bunga yang sama, padahal kayaknya sama aja tuh haha..

        Like

  5. Bunganya cantik-cantik…paling suka lihat tulip (eh tapi tanpa laba-laba kalau bisa ya)…
    Konon setiap bunga ada bahasanya.

    Like

Leave a comment