holiday · Holland · Kids · personal

Schoen zetten, Sinterklaas, dan Pakjesavond

Hampir tiga tahun lalu saya pernah nulis sedikit cerita tentang Sinterklaas di sini. Kali ini saya mau share tentang apa aja yang anak-anak buat selama periode Sinterklaas kali ini. Jadi walaupun kami gak merayakan beneran, tapi di rumah kami juga tetep heboh dan semangat kalo Desember mulai mendekat. Buat saya (dan suami serta anak-anak), Sinterklaas beserta pernak-perniknya lebih kepada tradisi yang ada di Belanda, bukan dari segi religi.

Mengulang sedikit, kalo dalam ceritanya anak-anak, Sinterklaas beserta para asistennya (Piet Hitam) datang dari Spanyol ke Belanda menggunakan kapal uap. Mereka dateng ke sini untuk bagi-bagi kado buat anak-anak yang selama setahun udah bersikap baik alias gak nakal. Kalo mereka nakal ga akan dapet kado dari Sinterklaas. Sinterklaas beserta rombongannya tiba di Belanda di sekitar awal bulan Nopember. Biasanya akan ada intocht atau pawai Sinterklaas di tiap kota yang menandai kedatangan si Sinterklaas ini. Pas pawai kemarin kami kecepetan ke centrum-nya. Ujung-ujungnya karna kelamaan nunggu trus si kecil udah masuk waktu tidur akhirnya kita pulang ke rumah persis pas pawai baru mulai 😁

Nunggu pawai sambil foto-foto 😂

Begitu Sinterklaas ada di Belanda, dimulai deh tradisi schoen zetten. Anak-anak akan bikin semacam prakarya yang kemudian ditaro di sepatu mereka yang diletakkan di depan pintu (atau di depan perapian kalo di rumah ada) dengan harapan besoknya si prakarya akan berganti (ditukar dengal) hadiah (kecil). Kadang mereka juga memasukkan wortel, gula atau jerami ke dalam sepatu untuk kudanya Sinterklaas – Amerigo.

Di rumah kami kegiatan schoen zetten ini udah berlangsung sejak dua minggu yang lalu. Anak saya yang paling besar awalnya udah males untuk bikin-bikin sesuatu buat schoen zetten, sementara adik-adiknya masih semangat bikin. Rencana mereka semula adalah sehari bikin sehari ngga, tapi karna seneng dapet kado walo cuma yang kecil-kecil aja akhirnya berubah jadi setiap hari. Tinggal mama papanya yang pusing ngumpulin pernik-pernik kado buat ditaro ke dalem sepatu buat dituker sama prakarya mereka hahaha.

Yang paling seru sebenernya adalah anak saya yang paling kecil. Kalo tahun sebelumnya kakaknya yang cewek tiap kali ikut bikin gambar buat ditaro di sepatu si kecil (dan juga jadi bisa buka kado dua kali – punyanya dia dan punya adiknya 😂), kali ini untuk pertama kalinya si kecil bikin prakarya sendiri (yang hampir sebagian besar coret-coretan doang wkwkwk), ikut masukin si prakarya ke sepatu, ikut ambil si kado dari sepatu dan kemudian buka kadonya sendiri.

Di sekolah mereka juga mengangkat tema Sinterklaas untuk aktivitas di sekolah. Misalnya group peuterspeelzal si kecil. Minggu kemarin mereka membuat prakarya wortel dan sepatu, sementara minggu ini mereka sibuk membuat zak Sinterklaas beserta gambar kado yang dipengen (semacam wishlist lah ya).

Kalo kakak-kakaknya si kecil kemarin diminta untuk membuat yang namanya “surprise”. Intinya si anak diminta untuk membuat semacam display/packaging yang extravagant (ukuran jumbo) berdasarkan petunjuk (hint) yang dikasih oleh nantinya yang akan nerima. Mereka diacak dan ga tau siapa bikin buat siapa. Kadonya sendiri si sebenernya cuma kado kecil (tahun ini harga maksimal untuk kado aslinya adalah €3). Jadi seru karna mereka ga tau apa yang akan mereka dapat hehe.

Het worteltje in het schoentje voor Amerigo (wortel di dalam sepatu untuk Amerigo) – prakarya fabian di sekolah

De zak van Sinterklaas – karungnya Sinterklaas (gambar kadonya dipilih sendiri oleh si kecil 😂)
Kalo ini adalah hasil prakarya anqak-anak untuk schoen zetten

Schoen zetten ini akan berakhir pada tanggal 4 Desember malem, karna tanggal 5 Desember ceritanya adalah malam terakhirnya Sinterklaas di Belanda dan pada malam itu Sinterklaas akan bagi-bagi kado untuk anak-anak yang selama setahun udah berperilaku baik. Malam ini disebut juga dengan Pakjesavond ato secara harfiah berarti “malam kado”. Biasanya sebelum pakjesavond anak-anak akan bikin semacam wishlist kira-kira apa aja yang mereka pengen pas pakjesavond nanti. Makanya kado-kado yang mereka dapet biasanya adalah mainan atau barang yang udah lama diidam-idamkan oleh si anak. Trus apakah anak-anak percaya kalo kadonya dapet dari Sinterklaas? Ngga lah ya hehehe. Mereka paham kalo yang beliin kado adalah mama papa sama omanya. Cuma kadang mereka belaga gak tau aja 😁 Kalo si kecil manalah dia ngerti, satu yang dia ngerti adalah dapet kado! Mau isinya satu buah krayon atau mobil-mobilan punyanya dia juga udah hepi hehe.

Btw kalo di rumah kami ga matok harus tanggal 5 Desember malem untuk ngadain pakjesavond. Biasanya kami sesuaikan aja dengan waktunya Oma dan Papa mereka (kalo saya kan hampir dipastikan bakalan ada di rumah 😁). Pernah juga pakjesavond tapi ngelaksanainnya pagi atau siang hehe, pernah juga malam sebelumnya, dan juga pernah karna deket dengan wiken kita ngadainnya pas wiken. Yang utama kalo buat anak-anak (terutama yang paling besar) adalah bisa secepatnya main dengan kadonya. Jadi buat mereka lebih cepat lebih baik hahaha (walo mereka juga ga mau kalo ga deket tanggal pakjesavond). Untuk tahun ini, karna si Oma udah dipantek sama keluarga adiknya suami saya pas tanggal 5 Nopember malam dan anak-anak prefer kalo pas bapaknya juga ada di rumah (tapi mereka juga mau main cepet-cepet sama kadonya 😅), jadi kami atur kalo anak-anak boleh buka satu kado pas rabu tanggal 5 besok, dan sisanya tanggal 6 malam supaya bisa kumpul bareng-bareng.

Jadi begitulah kira-kira cerita saya kali ini, semoga menghibur ya (apasih 😋). Mohon maap kalo tulisannya ga sesuai aturan, saya lagi agak males ngedit (udah syukuur tulisan ini bisa terbit hahaha, secara draft saya udah numpuk akibat ribet sama ngeditnya plus mentok mulu di tengah jalan!)

9 thoughts on “Schoen zetten, Sinterklaas, dan Pakjesavond

  1. kita belum terlalu ngerayain Sinterklaas nih Mba, Quinn jg belum ngerti, cm ntar besok minggu sm Opa Oma aja, udah. Tahun depan nih Quinn mulai seumur Fabian sekarang, mulai deh emak nya berburu kado hahaha. kalo sekarang emak bapaknya lbh heboh ke tukeran kado natal 🤣🤣

    Like

    1. Hihihi iya triid, fabian juga kan heboh karna ada kakak-kakaknyaaa, kalo ga ada si kali kaya Quinn juga dehh 😁

      Iyaaa Sinterklaas emang identik buat anak-anak si, buat yang udah tua pada lebih heboh kalo udah deket natal karna giliran dapet kado yaaa hahahah

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s