Holland · personal · Random Thought

Kalo Orang Belanda Ulang Tahun*. .

Image via http://www.stocksnap.io
  • Hampir bisa dipastikan bukan cuma yang ulang tahun aja yang dapet ucapan selamat, tapi juga orang-orang yang deket sama dia, termasuk mereka yang mungkin ga saling kenal tapi kebetulan barengan. Jadi misalnya nih, saya ulang tahun, trus mertua saya ngucapin selamat (ulang tahun) ke saya, plus ngucapin selamat ke suami juga anak-anak. Kalo yang kaya gini si ga gitu aneh ya. Cuma jadi bikin kagok kalo pas kita dateng diundang ke tempat orang lain. Kagok karna kita kudu ngucapin selamat ke semua orang yang dateng ke pesta ulang tahun itu wkwk.
  • Kado yang didapet akan langsung dibuka di depan orang yang ngasih. Kalo buat kita ini kadang kan berasa ga enak ya, takutnya yang ngasih kesinggung kalo kita ga suka kadonya (atau ga enak hati takut ketauan harganya hahaha). Kalo di sini biasa kaya gitu sis. Maksudnya mereka ga gitu masalah sama yang “shallow“kaya gini hehe. Mereka bahkan kadang kasih kita bon kado-nya supaya kalo memang kurang berkenan atau kitanya dapet dobel (atau udah punya) bisa kita tuker ke tokonya dengan barang lain.
  • O ya, selain buka kado di depan mata, yang berulang tahun juga biasanya bikin semacam wish list gitu kira-kira apa yang mereka mau sebagai hadiah. Ini handy sih menurut saya. Selain kita jadi tau kalo kado kita pasti disukai yang ulang tahun, kita juga bisa kira-kira yang mana yang pas dengan kantong kita (atau kalo perlu patungan dengan yang lain).
  • Jangan banyak berharap pulang ke rumah dengan perut kenyang. Kecuali orang Indonesia/Asia, ulang tahun di sini kalo bukan umur-umur tertentu biasanya ga dirayakan secara besar-besaran. Besar-besaran di sini dalam arti ngasih makan berat trus ngundang sekian puluh orang gitu lah. Kalo kamu ulang tahun trus mau ngundang-ngundang, biasanya cuma buat orang-orang terdekat aja. Seandainya mereka ngadain pesta ulang tahun, hampir bisa dipastikan kalo makanan yang disediain bukan makanan berat alias makanan ringan misalnya kaya chips, temen ngemil pas minum/kacang-kacangan (mereka nyebutnya “borrelnootjes), keju yang dipotong kubus, dan crackers beserta spread-nya. Paling ultimate kalo tamunya dikasih potongan kue ultahnya juga. Buat minum biasanya mereka nyediain kopi, teh, jus-jus atau minuman kemasan dan bersoda gitu, dan tentu saja beer.
  • Jangan heran kalo yang ulang tahun cowo suka dipanggil “jarige job” atau kalo cewe dipanggil “jarige jet”; dan pas ulang tahun ke-50 tiba-tiba yang ulang tahun namanya jadi “Sarah” atau “Abraham” 😂. Kadang mereka naro boneka trus ditempelin muka yang ulang tahun dan dihias kaya opa-opa atau oma-oma. Banyak juga yang pasang dekor lebih gila lagi, nempelin poster-poster lucu yang intinya ngerjain yang ulang tahun di sepanjang depan rumahnya.
  • Khusus buat anak-anak, biasanya selain tentu dengan keluarga inti, mereka akan merayakan ulang tahunnya juga di sekolah. Jangan ngebayangin yang mewah-mewah ya. Ngerayain di sini sebenernya cuma dalam artian mereka boleh kasih traktiran yang bisa berupa “snoepjes” alias sesuatu yang manis kaya cupcake dan permen atau yang bentuknya kecil seperti chips atau pop corn. Kalo sekarang suka ada juga yang bikin traktiran buah atau sayuran biar lebih sehat 😁

Saya nemu chart ini di twitter, kurang lebih begitulah alurnya kalo kita dateng ke pesta ulang tahun orang Belanda😆

Image via twitter/rspruijt

*berdasarkan pengalaman pribadi aja yaa, belum tentu orang Belanda merayakan ulang tahunnya kaya gini hehe.

4 thoughts on “Kalo Orang Belanda Ulang Tahun*. .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s