daily stuff · food · Kuliner · recipes

Resep Cinnamon Rolls

Udah lama saya ga posting resep di sini, mumpung lagi bisa ngetik di laptop lagi (semenjak anak sulung SFH, laptop saya bezet terus dari pagi sampe sore haha), saya mau tulis ulang resep Cinnamon Rolls favorit saya yang diadaptasi dari website Ambitious Kitchen. Di resep aslinya, takaran yang digunakan adalah US System yang menggunakan cups sebagai ukuran. Saya ga biasa (dan kagok) kalo nakar untuk bikin sesuatu takarannya pake cups, makanya saya berinisiatif untuk mengkonversi resep ini ke dalam Metric system yang menggunakan takaran gram.

Cinnamon rolls ini gampang bikinnya. Bahan-bahannya pun ga ribet. Suami dan anak-anak suka semua, sampe yang bungsu pun makan 1 roll sendiri abis. Oh ya, karna kami juga ga gitu suka manis (setidaknya kalo dibanding sama orang-orang Amerika yang kalo bikin kue di resepnya gula bisa lebih dari setengah dari resepnya) gula yang ada dalam takaran asli saya kurangi sedikit. Kalo menurut kalian masih terlalu manis juga, bisa dikurangi lagi ya.

Mohon dimaapkan kalo postingannya kepanjangan ya, biar jelas sis maksudnya 🤣

Sebelum dipanggang

ps. thank you Monique for sharing your recipe! Quick translation here, I’m rewriting your recipe in Indonesian language and convert the measurement into metric system, since I and most Indonesians are more familiar with metric system :)).

Cinnamon Rolls (Adapted from Ambitious Kitchen’s Recipe)

Bahan-bahan:

Untuk Adonan (Roti):

  • 360 gram tepung protein tinggi (cakra)
  • 255 gram susu hangat (40-41oC)
  • 7-8 gram ragi instan kering
  • 50 gram gula pasir
  • 1 butir telur utuh (L) + 1 kuning telur, suhu ruang
  • 56-57 gram mentega tawar, lelehkan
  • 4-5 gram garam

Untuk olesan isi:

  • 135 gr brown sugar (dark/light brown sugar)
  • 12 gr kayu manis bubuk
  • 56-57 gr mentega tawar, suhu ruang

Untuk Cream Cheese Frosting:

  • 114 gram Cream Cheese, suhu ruang
  • 45 gram mentega tawar, suhu ruang
  • 50 gram gula pasir bubuk
  • 1/2 sdt ekstrak vanilla

Metode:

  • Untuk adonan roti:
    1. Tuang susu ke dalam wadah mixer, kemudian tuang ragi di atasnya dan diamkan selama kurang lebih 5 menit (sampai terlihat berbusa). Tambah gula pasir, telur beserta kuning telurnya, dan mentega yang sudah dilelehkan ke dalam campuran susu dan ragi. Aduk kesemua bahan sampai tercampur rata. Setelah itu, tambahkan sedikit-sedikit tepung terigu dan garam ke dalam adonan, aduk dengan kecepatan rendah, sampai tepung habis dan adonan tercampur merata.
    2. Uleni adonan (dengan mixer menggunakan hook handle dengan kecepatan sedang atau tinggi) selama sekitar 8-10 menit, sampai adonan membentuk seperti bola (terkumpul jadi satu, tekstur terlihat elastis dan agak lengket). Apabila ragu, boleh dilakukan window pane test (adonan bisa diregangkan sampai terlihat transparan tanpa lubang).
    3. Pindahkan adonan yg sudah diuleni tadi ke dalam wadah lain yg sudah diolesi sedikit minyak (untuk memudahkan transfer nantinya). Tutup dengan shower cap sekali pakai atau cling wrap dan kain, diamkan selama kurang lebih satu sampai satu setengah jam di tempat hangat hingga adonan mengembang 2 kali lipat. Sementara menunggu adonan mengembang, siapkan olesan isi dan cream cheese frosting-nya.
    4. Setelah adonan mengembang 2x lipat, pindahkan adonan ke permukaan yang sudah ditaburi tepung, giling/pipihkan adonan secada merata sampai membentuk persegi panjang, dengan ketebalan sekitar 1 cm.
    5. Olesi seluruh permukaan adonan dengan mentega (dari olesan isi), taburkan campuran dari kayu manis dan gula di atas permukaan yang sudah diolesi mentega tersebut (usahakan semua sudut dapat ya hehe). Setelah campuran habis, tekan-tekan campuran gula dan kayu manis bubuk menggunakan tangan supaya lebih terekat dengan mentega dan adonannya.
    6. Gulung adonan (bagian yg pendek) sampai membentuk balok. Kemudian potong adonan menjadi 9 atau 12, atau 16 (tergantung seberapa tebal sukanya, kalo saya suka yg gak begitu tebel, makanya bisa sampe 16 wkwk).
    7. Letakkan potongan adonan ke pinggan anti panas atau wadah lain yg bisa digunakan untuk memanggang. Tutup potongan adonan dengan cling wrap atau kain dan diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam (atau sampai adonan mengembang minimal 50% dari ukuran awal).
    8. Sementara menunggu adonan mengembang, panaskan oven hingga 180°C. Setelah panas, masukkan pinggan/wadah berisi potongan adonan yg sudah mengembang tadi ke dalam oven (tanpa tutupnya ya heheh). Panggang selama kurang lebih 20-25 menit atau sampai roti terlihat sedikit kecoklatan.
    9. Setelah matang (dengan tingkat kecoklatan sesuai selera), keluarkan roti dari oven. Tunggu sampai roti berkurang panasnya (5-10 menit), baru kemudian oleskan cream cheese frosting. Bisa sebagai opsional, oleskan cream cheese frosting pada saat roti akan disajikan.
Setelah dipanggang, tanpa cream cheese frosting
  • Untuk olesan isi:
    1. Campur seluruh bahan, kecuali mentega ke dalam satu wadah. Aduk sampai merata seluruhnya, olesan/taburan isi siap dipergunakan.
  • Untuk cream cheese frosting:
    1. Sebelum memulai, pastikan bahwa mentega dan cream cheese benar-benar lunak/tidak solid dan berada dalam suhu ruang. Hal ini penting untuk memudahkan proses mixing nantinya.
    2. Campur cream cheese, mentega, gula bubuk beserta vanilla (opsional) ke dalam wadah mixer. Aduk adonan dengan kecepatan medium/high hingga adonan berwarna pucat dan permukaan terlihat halus/licin.
    3. Jangan lupa koreksi rasanya. Kalo dirasa kurang manis, gula bubuknya boleh ditambahkan maksimal 50gr. Cream cheese frosting siap untuk dipergunakan.
Setelah dioles cream cheese frosting. Super yummy!

Selamat mencoba kawan! Jangan lupa tag saya kalo bikin ya 😊

4 thoughts on “Resep Cinnamon Rolls

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s